Tips Terbaik Menjaga Kesehatan Mata

Sebelum saya membahas tentang kesehatan mata lebih lanjut, terlebih dahulu saya ingin anda dapat mengetahui dan mengerti apa arti mata serta fungsinya bagi manusia terlebih bagi anda.

Mata dapat diartikan sebagai salah satu panca indera yang terdapat di dalam tubuh manusia.

Mata memiliki hubungan dan keterkaitan yang sangat erat dengan organ tubuh lainnya, dan fungsi mata bagi manusia adalah sebagai alat untuk melihat dan mengetahui segala bentuk situasi dan kondisi yang terjadi di sekeliling manusia itu sendiri,

dan melalui penglihatan kita maka kita dapat melakukan segala bentuk aktivitas dan kegiatan sehari-hari baik di dalam lingkungan rumah maupun dalam lingkungan sosial dan pekerjaan.

Jadi tanpa adanya mata dan penglihatan yang baik maka kegiatan kita juga dapat terbengkalai.

Kebayang dong apa yang akan terjadi jika mata kita tidak dapa lagi berfungsi sebagaimana mestinya, pasti kita tidak dapat membaca, melihat pemandangan yang indah,

dan jangankan untuk melakukan kegiatan sehari-hari setidaknya untuk mengurus diri sendiri saja kita sudah tidak mampu lagi,

bahkan kita juga tidak dapat melihat dan mengenali lagi wajah orang-orang yang kita sayangi, fatal kan akibatnya.

Maka sayangi mata anda dari sekarang, karena kesehatan mata anda juga dapat mempengaruhi kesehatan mental dan jiwa anda.

Ketika kita mengalami sakit mata atau terjadi sedikit gangguan pada mata, pastinya hal itu mempengaruhi kondisi hati kita,

mental jadi terganggu dan mengakibatkan emosi gampang naik, namun apabila kondisi mata atau penglihatan kita baik dan sehat maka hati dan jiwa kita tentunya akan sejahtera.

Mata sebagai pelita tubuh, jika mata kita gelap maka gelaplah seluruh tubuh.

Menjaga kesehatan pelita itu lebih baik daipada mengobatinya, tapi kebanyakan manusia lebih cenderung mengalami sakit dulu baru mencari dokter.

Alangkah lebih baik sebelum terjadi kita lakukan dulu apa yang semestinya dan seharusnya kita lakukan.

Sebab banyak hal yang dapat kita lakukan agar kesehatan mata kita tetap terjaga, diantaranya seperti:

Sering-sering ke dokter untuk memeriksa dan melakukan kontrol terhadap perkembangan dan kesehatan mata, paling tidak sekali dalam setahun usahakan kedokter mata.

Melakukan tes mata secara teratur dapat membantu mendiagnosa adanya gangguan pada mata.

Dan setiap saran dari dokter harus dilakukan untuk mencegah supaya terhindar dari segala kemungkinan buruk yang akan terjadi pada fungsi mata anda seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak.

Milikilah pola hidup yang sehat dan biarlah hidup yang sehat menjadi gaya hidup mu, caranya jangan merokok sebab dapat mengakibatkan kerusakan saraf optik pada mata,

seterusnya rajinlah berolahraga, karena olahraga bukan hanya baik untuk kesehatan mata saja tapi juga untuk seluruh tubuh anda.

Jangan biasakan mengucek mata ketika mata terasa gatal.

Hindari mata dari kelelahan yang berkepanjangan, jika mata terasa capek, lelah ataupun ngantuk berilah waktu bagi mata anda untuk istirahat, seperti tidur misalnya.

Konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata, seperti wortel,  sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, ikan, dan sumber protein lainnya.

Mengkonsumsi antioksidan dan multivitamin jika diperlukan.

Dan setiap anda bepergian atau melakukan perjalanan, untuk menghindari polusi pakailah kacamata sebagai pelindung bagi mata anda.

Dan masih banyak lagi hal lain yang dapat anda lakukan selain yang saya sebutkan diatas. Namun sampai disini dulu artikel ini saya tulis, sekian dan terimakasih.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Tips Terbaik Menjaga Kesehatan Mata
Ditulis Oleh : Unknown
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Tips Terbaik Menjaga Kesehatan Mata ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

No comments:

Post a Comment