Penjelasan Seputar bayi Neonatal atau Neonatus



Pengertian bayi neonatal (neonatus).

Pengertian bayi neonatal (neonatus) yaitu merupakan fase kehidupan  pertama kali yang dialami oleh bayi setelah bayi keluar dari kandungan (setelah bayi lahir) sampai bayi berumur 2 minggu.

Masa bayi neonatal merupakan periode yang paling berbahaya, baik secara fisik maupun psikologi.

Secara fisik, masa neonatal ini berbahaya karena sulitnya bagi bayi untuk melakukan penyesuaian diri secara radikal yang terpenting pada lingkungan yang baru dan berbeda,

dan karena pada fase ini terjadi hampir dari  semua organ tubuh mengadakan penyesuaian dengan lingkungan yaitu mengalami pematangan pada organ tubuh bayi. 

Dan secara psikologi yaitu saat terbentuknya sikap bayi yang dibentuk dari orang-orang yang dekat dengan bayi.

Saat bayi berada didalam rahim ibu, segala sesuatu yang diperlukan oleh bayi disalurkan melalui tali pusar yang terhubung dengan ibu,

termasuk makanan yang diperlukan oleh bayi, tapi setelah bayi lahir, bayi harus berusaha beradaptasi dengan lingkungan, 

karena hidupnya sudah terpisah dari sang ibu dan tidak menjadi parasit lagi didalam tubuh ibunya.

Masa bayi baru lahir (Neonatal) dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :

Periode Partunate, dimana masa ini dimulai dari saat kelahiran sampai 15 dan 30 menit setelah kelahiran.
Periode Neonate, dimana masa ini dari pemotongan dan pengikatan tali pusar sampai sekitar akhir minggu kedua dari kehidiupan pascamatur.

Ciri-Ciri bayi neonatal, yaitu :


Masa bayi neonatal merupakan periode perkembangan yang waktunya lebih singkat dibandingkan periode perkembangan lainnya
 
Masa bayi neonatal adalah peralihan masa sewaktu didalam kandungan dengan diluar kandungan (didunia), sehingga pada periode ini akan terjadi penyesuaian yang radikal.

Perkembangan bayi pada masa pranatal terhenti ketikan bayi dilahirkan dan perkembangan akan dilanjutkan kembali pada masa bayi neoatal, namun terjadi diluar kandungan.

Masa bayi neonatal adalah merupakan garis awal untuk mencapai perkembangan selanjutnya, masa neonatal  bayi sangat mendukung untuk tercapainya perkembangan bayi yang optimal.

Sulitnya penyesuaian bayi neonatal dengan lingkungan sangat berbahaya bagi bayi.

Penyesuai lingkungan yang dilakukan bayi neonatal yaitu meliputi:

Perubahan suhu dari 100° F (sewaktu bayi berada didalam kandungan) menjadi 60° atau sampai 70° yaitu ketika bayi sudah berada diluar kandungan (bayi dilahirkan).

Setelah bayi dilahirkan dan menjadi pribadi yang terpisah dari ibunya (tali pusar bayi terputus) bayi harus benafas sendiri, 

menghisap dan menelan makanan sendiri, jadi bayi tidak lagi tergantung kepada tali pusat sebagai penghantar makanan seperti sewaktu berada dalam kandungan.

Pembuangan, ketika bayi dilahirkan barulah alat-alat pembuangan yang terdapat pada tubuh bayi dapat berfungsi secara optimal. 

Metabolisme tubuh bayi akan normal terjadi pada saat bayi telah lahir, berbeda dengan saat bayi masih berada didalam rahim ibunya.

Seluruh panca indera yang terdapat pada tubuh bayi akan berfungsi dengan baik dan akan dioptimalkan setelah bayi dilahirkan.
Bayi neonatal yang mengalami kesulitan dalam penyesuaian lingkungan akan berdampak buruk bagi keadaan kesehatan dan perkembangan bayi,

karena dapat mengakibatkan penurunan berat badan bayi dan perilaku bayi yang tidak teratur, dan yang paling fatal adalah yaitu dapat mengakibatkan kematian kepada bayi.

Rawatlah bayi anda, penuhi kebutuhannya, dan setiap sentuhan lembut yang anda berikan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan bayi neonatal anda.

Sikap orang tua yang menyenangkan akan memberi rangsangan dan mendorong penyesuaian yang baik bagi pertumbuhan bayi anda. Bayi butuh kepercayaan orang tua.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Penjelasan Seputar bayi Neonatal atau Neonatus
Ditulis Oleh : Chris Medianto Purba
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Penjelasan Seputar bayi Neonatal atau Neonatus ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

No comments:

Post a Comment