Penjelasan Seputar Daya Ingat Otak



kesehatan otak
Otak merupakan bagian organ paling kompleks dari struktur tubuh yang dimiliki manusia, dan otak sangat mempengaruhi tingkat kesadaran serta kepribadian seseorang.

Otak mampu mengendalikan perbuatan baik atau perbuatan jahat yang hendak dilakukan oleh seseorang, jadi baik buruknya sifat, karakter, dan kepribadian seseorang sebagian besar dipengaruhi oleh otak itu sendiri.

Kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh seberapa besar daya ingat otak tersebut. Dan fakta membuktikan bahwa:

Setiap otak yang sudah Tuhan taruhkan di setiap pribadi manusia memiliki potensi dan kekuatan dalam berpikir dimana otak tersebut mulai aktif dipergunakan setelah masa kelahiran,

namun banyak dari antara manusia itu sendiri yang tidak mengasah potensi otak yang dimilikinya.

Di dalam otak manusia terdapat 100 milyar syaraf otak yang mendukung anda untuk dapat melakukan hal-hal yang menakjubkan dan yang bersifat luar biasa.

Di dalam otak manusia terdapat memori otak dengan kapasitas mencapai 70 triliun giga.

Bahwa di dalam pikiran manusia menghasilkan berbagai jenis gelombang otak, dimana sinyal gelombang otak tersebut saling terhubung dengan pikiran orang lain.

Potensi kekuatan pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lain, dan pikiran manusia tersebut juga terhubung dengan alam semesta.

Pada hakekatnya, umur dapat mempengaruhi daya ingat otak, seiring bertambahnya umur seseorang maka tingkat daya ingat orang tersebut juga akan semakin berkurang,

tentunya hal ini berlaku bagi setiap orang kecuali jika memang yang sejak dari semula anda telah menjaga dan melatih tingkat daya ingat anda.

Latihan yang teratur bagi otak akan menghindari anda dari kepikunan pada masa tua anda, sebab setiap latihan otak yang anda lakukan berguna bagi daya ingat untuk tetap berada dalam kondisi yang selalu baik.

Kinerja daya ingat otak yang semakin menurun tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk berada pada tingkat stres yang tinggi, karena fungsi otak yang menurun akan mempengaruhi emosional seseorang.

Ada banyak hal yang dapat membuat daya ingat terganggu dan semakin menurun, misalnya:

  • Stres ( depresi ) berat dapat melemahkan daya ingat.

  • Kurang tidur ( istirahat tidak cukup ). Untuk orang dewasa standar tidur malam yaitu 6 jam, jika kurang dari 6 jam maka fungsi otak akan mengalami gangguan dan tidak stabil.

  • Mengkonsumsi minuman keras dan alkohol dapat merusak jaringan otak sehingga daya ingat akan menurun dan bahkan sampai pada titik dimana otak tidak berfungsi sama sekali.


Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga dan memperbaiki kinerja daya ingat otak anda yang semakin menurun, seperti:

Melakukan latihan otak dan belajar selalu. Hal ini dapat anda lakukan dengan cacatan jangan karena terpaksa, 

dan kalau bisa pelajarilah hal-hal yang memang anda minati sesuai dengan talenta yang anda miliki agar tidak terjadi kebosanan dan kejenuhan.

Istirahat bagi otak anda disela-sela kesibukan kegiatan yang anda lakukan setiap hari. 

Dapat juga dengan tidur siang sejenak yaitu kira-kira 15 menit dapat membuat otak fres dan memaksimalkan kinerja otak.

Memberi oksigen lebih pada otak yaitu dengan jalan-jalan santai sambil menikmati udara segar dan pemandangan yang sejuk dan indah.

Musik dan seni dapat membuat otak lebih cerdas.

Rajin dan lakukanlah secara rutin olah raga anda setiap pagi sehabis bangun dari tidur.

Dan yang terakhir adalah makan makanan sehat, pola makan yang sehat dan mengandung vitamin dan nutrisi yang diperlukan otak anda,

seperti sayur-sayuran, buah, ikan, daging, dan kacang-kacangan. 

Nutrisi yang cukup dan sehat maka daya ingat otak anda akan semakin tajam.

No comments:

Post a Comment