Jenis Zat yang Terkandung dalam Makanan



Setiap manusia memerlukan makan agar terjaga kelangsungan hidupnya. Dan hendaknya makanan yang dikonsumsi setiap harinya itu adalah makanan bergizi tinggi.

Makanan yang bergizi merupakan makanan yang didalamnya mengandung zat makanan berkualitas yang diperlukan oleh seluruh organ tubuh manusia.

Makanan yang tidak hanya dinilai dari aroma dan penampilan luarnya saja namun yang mengutamakan makanan bervitamin dan gizi yang berkualitas bagi tubuh,

itulah yang disebut dengan kandungan makanan yang sehat dan berkualitas tinggi.

Setiap makanan yang masuk kedalam tubuh manusia berbeda-beda sekalipun wujud makanan yang anda konsumsi berbeda-beda,

namun pada dasarnya makanan yang dikonsumsi tersebut mengandung satu atau bahkan lebih zat-zat makanan yang berbeda.

Makanan bergizi merupakan sumber energi, bahan pembangun, pelindung tubuh, dan pengatur tubuh. Dan untuk memenuhi fungsi tersebut,

kita harus makan makanan yang bergizi. Yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh.

Tubuh manusia membutuhkan asupan zat gizi yang bisa didapatkan dari zat makanan yang masuk kedalam tubuh, karena ada beberapa zat gizi yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh.

Makanan yang masuk kedalam tibuh akan dicerna dan akan dipecah menjadi berbagai macam zat gizi yang mudah dicerna

dan diserap kedalam aliran darah serta akan diteruskan dan diedarkan keseluruh sel tubuh. Itulah fungsi zat makanan bagi tubuh.

Kandungan makanan atau zat makanan yang diperlukan oleh tubuh adalah berupa: protein, vitamin, mineral, karbohidrat, lemak, dan air.

Inilah bagian-bagina zat yang sangat diperlukan dan sangat berperan penting dalam setiap organ tubuh.

Karbohidrat adalah sebagai sumber energi bagi tubuh.

6 zat makanan atau zat nutrien (zat gizi) beserta fungsinya yang unik dan spesifik:

Protein


Protein mengandung asam amino (essensial & non essensial) yang berfungsi untuk menjaga atau mempertahankan, membangun, serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Asam amino non essensial dapat diproduksi tubuh tapi amino essensial hanya diperoleh dari makanan. Kadar protein yang dibutuhkan orang dewasa adalah 1 gram/kg.BB/hari

Sumber protein : tempe, tahu, kacang-kacangan, jamur, daging, ikan, telur, dan susu.

Karbohidrat (hidrat arang)


Karbohidrat terdiri dari unsur karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O) yang merupakan sumber energi (tenaga) yang utama bagi tubuh manusia.

Fungsi karbohidrat adalah sebagai penghasil kalori (4 kal/g) yaitu sumber tenaga yang diperlukan oleh tubuh dalam setiap aktivitas yang dilakukan manusia.

Jika kelebihan karbohidrat dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak. Sumber karbohidrat adalah beras, jagung, gandum, singkong, kentang, ubi, dan sagu.

Lemak (lipid)


Lemak berfungsi sebagai penghasil energi yang besar (9kal/g), juga alat transportasi zat gizi lain (pelarut vitamin A, D, E, dan K,),

lemak juga merupakan penyusun membran sel dan pelindung jaringan tubuh. Orang dewasa mwmbutuhkan lemak sebesar 0,5 – 1 gram/kg.BB/hari.

Lemak dibagi menjadi dua, yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Lemak nabati diperoleh dari tumbuhan, seperti kelapa, kacang tanah, kemiri, dan alpukat.

Sedangkan lemak hewani berasal dari hewan, misalnya daging, telur, susu, keju, dan mentega.

Vitamin


Peran vitamin amat spesifik, setiap jenis vitamin tidak dapat menggantikan fungsi vitamin yang lainnya. Kekurangan vitamin akan menyebabkan defisiensi (avitaminosis).

Jenis vitamin beserta fungsinya

  • Vitamin A, mencegah penyakit mata, terdapat pada daging, susu, ikan, dll.
  • Vitamin B, mencegah penyakit beri-beri, terdapat pada kacang hijau, daging, dll.
  • Vitamin C, mencegah sariawan, terdapat pada buah-buahan, sayur, tomat, dll.
  • Vitamin D, mencegah rakhitis (penyakit tulang), terdapat pada susu, kunig telur, minyak ikan, dll.
  • Vitamin E, mencegah kanker paru-paru dan penyakit kulit, terdapat pada biji-bijian, mentega, sayuran, dll.
  • Vitamin K, untuk pembekuan darah, terdapat pada tomat, wortel, bayam, dll.

Mineral (garam mineral)


Beberapa mineral yang sangat dibutuhkan tubuh, misalnya kalsium berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi, besi untuk pembentukan hemoglobin,

natrium untuk proses kontraksi otot, dan fosfor untuk proses pembentukan energi dalam sel.

Air


Air berperan dalam berbagai proses ditubuh, dari proses pencernaan sampai reaksi-reaksi kimia. Air adalah pelarut yang baik.

Oksigen dan nutrien-nutrien dalam makanan tidak dapat memasuki sel-sel tanpa air. Air juga berperan dalam pengaturan suhu tubuh.

Kesemua zat makanan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh, untuk itu perlu dikonsumsi secara seimbang setiap hari, agar tubuh kita tetap sehat dan bugar.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Jenis Zat yang Terkandung dalam Makanan
Ditulis Oleh : Chris Medianto Purba
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Jenis Zat yang Terkandung dalam Makanan ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

No comments:

Post a Comment