Beberapa Tips Agar Anak Anda Cepat Berjalan

Seorang ibu atau ayah pasti ingin agar anaknya cepat berjalan. Dan momen ini merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh orang tua. Karena pada masa seorang anak berjalan merupakan masa-sama paling lucu dan menggemaskan bukan?

Kali ini kita akan membahas bagaiman caranya agar anak kita cepat-cepat bisa berjalan. Memang salah satu faktor pendukung adalah perkembangan anak itu sendiri, ada yang cepat berkembang dan ada yang lambat.

Faktor perkembangan anak tersebut tidak bisa kita perbaharui seluruhnya, karena faktor perkembangan anak dipengaruhi oleh hormon dari kedua orang tua. Selain itu faktor gizi yang dikonsumsi oleh anak juga sangat berpengaruh besar bagi perkembangan otak anak dan tubuhnya.

Tetapi diluar itu ada beberapa faktor lain yang bisa kita lakukan untuk membantu perkembangan anak tersebut untuk dapat segera berjalan. Nah itulah yang akan kita bahas disini khusus buat para orang tua yang baru dikaruniai buah hati. Tetapi artikel ini juga bisa untuk calon orang tua yang mempersiapkan segala sesuatu untuk si kecil nantinya.

Nah mari kita lihat beberapa faktor yang bisa membantu agar anak bisa cepat berjalan yaitu:

  • Jangan melarang anak untuk berrgerak kesana dan kemari, biarkan dia bergerak leluasa merangkak di sekeliling ruangan di rumah anda. Tetapi jangan sampai lepas dari pengawasan anda.
  • Latihlah otot kaki anak dengan cara menatih. Lakukan setiap hari di pagi hari atau di sore hari sambil berjalan-jalan di komplek rumah.
  • Latihlah motorik anak dengan cara memberikan permainan-permainan yang mebutuhkan bergerak. Salah satu permainanya adalah mengambil bola atau mengambil boneka atau yang lainya.
  • Sering-seringlah membiarkan anak merapat ke diding dan menjadikan dinding menjadi tumpuan untuk berjalan bagi anak. Tetapi kita jangan membiarkanya sendirian lho karena bisa berbahaya, tetaplah berada dibelakang anak untuk berjaga-jaga bila si anak jatuh karena hilang keseimbangan.
  • Berikan anak beberapa alat bantu jalan seperti baby walker atau gendongan untuk menatih. Kedua alat ini cukup dapat membantu anda untuk melatih otot kaki sang anak.

Diluar dari tips ini sebenarnya masih ada tips lain yang bisa digunakan untuk membantu agar anak cepat berjalan. Tips yang saya tuliskan disini merupakan pengalaman-pengalaman saya saja dan juga ditambah dari artikel-artikel lain yang pernah saya baca sebelumnya.

Di balik semua tips yang saya berikan agar anak anda cepat berjalan, hal yang juga merupakan sesuatu yang sangat penting adalah kemamana anak ketika belajar berjalan. Jangan sampai niat untuk melatih anak berjalan malah berujung pada luka yang menimpan sang buah hati kita.

Beberapa tips untuk menjaga kemana dan keselamatan si buah hati bisa anda lihat di artikel saya sebelumnya yaitu tips menjaga anak agar aman di rumah.

Semoga artikel ini bermanfaat buat para pembaca dan salam buat sang buah hati anda.

No comments:

Post a Comment