Makanan Apa Yang Baik untuk Ibu Hamil


Makanan hamil sangatlah penting untuk di perhatikan oleh ibu yang sedang dan ingin sehat hamil. Salah makan akan berakibat fatal bagi janin. 

Ibu harus tahu jenis makanan ibu hamil sehat yang baik untuk di konsumsi dan harus mengerti juga akibat yang timbul dari mengkonsumsi makanan yang bertentangan dengan makanan sehat ibu hamil.

Jadi kesehatan ibu sangat penting untuk di perhatikan karena kesehatan ibu menyangkut juga dengan kesehatan calon anak yang ada dalam rahim sang ibu. 

Terpenuhi atau tidaknya nutrisi bayi dalam kandungan, tergantung dari makanan yang dimakan oleh sang ibu.

Makanan hamil yang sehat dan tepat akan membuat anak anda lahir dengan sehat, tidak kekurangan nutrisi, dan akam tumbuh sehat dikemudian hari. 

Seorang ibu yang cerdas tidak hanya memperhatikan kesehatan dirinya saja, tapi lebih lagi akan mengutamakan untuk memperhatikan kesehatan kandungannya 

karena kecintaanya kepada sang buah hati yang ada di dalam kandungannya.

Dalam masa kehamilan, keduanya, yaitu ibu dan janin harus mendapatkan nutrisi yang sama-sama diperlukan. 

Dan ibu harus mengkonsumsi gizi yang cukup bagi perkembangan janin dengan makan makanan sehat wanita hamil lainnya.

Saya akan membagikan kepada anda beberapa makanan wanita hamil yang sangat berperan penting dalam masa kehamilan anda:

Telur

Telur sangat baik untuk ibu hamil, mengapa ? karena dalam telur terdapat protein kualitas tinggi yang sangat diperlukan oleh janin, dan sel janin terbentuk dari protein. 

Sementara kolin yang terkandung dalam telur akan mendorong pertumbuhan janin dan perkembangan otak, serta omega-3nya akan berfungsi untuk membantu saraf penglihatan dan otak janin.

Telur mengandung lebih dari 12 vitamin dan mineral. Dalam satu butir telur mengandung 90 kalori, 

dan telur juga rendah lemak jenuh jadi tidak masalah jika ingin mengkonsumsi 2 butir telur dalam sehari.


Sayuran

Sayuran yang paling disarankan untuk dikonsumsi pada saat hamil adalah sayuran yang berwarna hijau tua, seperti: brokoli, bayam, kangkung, dll. 

Karena sayuran ini kaya akan vitamin dan nutrisi. Dan kandungan vitamin A, C, K, dan folat nya sangat diperlukan oleh janin dan sang ibu.

Kacang-kacangan

Kehamilan akan menimbulkan sedikit gangguan pada pencernaan sang ibu dan akan membuat ibu susah untuk BAB, 

saluran pencernaan jadi lambat dan resiko sembelit atau wasir dapat terjadi pada ibu, jadi kacang buncis sangat membantu dalam melancarkan BAB, 

karena mengandung serat yang tinggi. Dan kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, kacang tanah, 

dan kedelai sangat kaya akan serat, kalsium, protein, folate, zinc dan zat besi.

Buah-buahan

Buah-buahan adalah makanan hamil yang sangat penting bagi kesehatan ibu dan janin. Setiap buah-buahan mengandung vitamin, 

mineral dan antioksidan bagi janin dan ibu. Jadi jangan lewatkan untuk mengkonsumsi buah-buahan jika anda ingin kehamilan anda tetap sehat dan terjaga.

Daging

Daging mengandung banyak protein, namun tidak terbebas dari yang namanya lemak.

Jika ingin mengkonsumsi daging usahakan untuk tidak mengkonsumsi yang setengah matang atau daging yang dibakar

karena bakteri dan parasit dari daging seperti toxoplasma Listeria monocytogenes, atau salmonell yang terdapat pada daging tersebut kemungkinan tidak mati, 

jadi apabila dikonsumsi sang ibu akan berakibat buruk pada janin. 

Bakteri ini akan mati pada suhu panas 100° jadi daging harus dimasak sampai benar-benar matang.

Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang makanan hamil bagi anda, semoga bermanfaat. Dan sayangi janin yang ada dalam kandungan anda

dengan tidak egois dan hanya memperhatikan kesenangan anda tanpa anda perduli dengan kesehatan janin anda.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Makanan Apa Yang Baik untuk Ibu Hamil
Ditulis Oleh : Chris Medianto Purba
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Makanan Apa Yang Baik untuk Ibu Hamil ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

No comments:

Post a Comment