Berikan Pendidikan Khusus dan Kasih Sayang Khusus bagi Anak yang Berkebutuhan Khusus

Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Bila ditinjau kelapangan untuk melihat seluruh lapisan masyarakat, akan di temukan begitu banyaknya orang-orang yang tergolong ke dalam penyandang Anak Berkebutuhan Khusus 

atau yang biasa juga di sebut dengan Autis, dan masih banyak juga dari mereka yang tidak mendapatkan Pendidikan secara khusus. 

Biasanya penyebab mereka tidak mendapatkan pendidikan adalah karena orang tua yang tidak sanggup untuk membiayai sekolah yang terlalu mahal. 

Disinilah peran pemerintah sangat di perlukan, yaitu untuk mewujudkan nilai-nilai pendidikan yang tercantum di dalam perundang-undangan Indonesia, 

baik pasal 1, pasal 28 dan pasal-pasal lainnya yang mendukung pendidikan bagi setiap anak dalam mencerdaskan anak bangsa. 

Pasal tersebut berlaku untuk setiap pribadi, baik anak yang normal dan ABK (penderita autis) tanpa terkecuali. 

Adalah tugas pemerintah untuk lebih memperhatikan anak-anak yang seperti ini, dan tidak ketinggalan juga kita sebagai masyarakat harus saling memperhatikan, 

saling menolong, dan saling peduli satu sama lain.
      
Anak-anak seperti ini adalah anak-anak yang terganggu perkembangan fisik, psikologis, dan kognitifnya (sosial), dan pastinya mereka sangat berbeda dengan anak-anak normal lainnya. 

Untuk mengoptimalkan potensi mereka secara utuh, maka sepatutnya mereka mendapatkan penanganan yang terlatih 

dan Pendidikan Anak Berkebutuhan khusus dari tenaga ahli yang profesional, pengajar-pengajar yang sudah handal, punya kiat, bertanggung jawab, 

dan yang paling utama pengajar yang benar-benar memiliki hati untuk melayani anak-anak autis ini dengan penuh cinta dan kasih sayang. 

Karena pada dasarnya anak-anak penyandang autis ini adalah orang-orang yang sudah kehilangan rasa percaya dirinya, 

dan inilah tujuan utama mengapa mereka harus mendapatkan pendidikan secara khusus yaitu untuk membangkitkan semangat rasa percaya diri, 

membuat mereka merasa berharga dan layak untuk berprestasi sehingga mereka memiliki keberanian untuk mencapai potensi yang sebenarnya masih ada di dalam diri mereka. 

Dalam kelemahan mereka, jika mereka di beri kesempatan untuk berkreasi maka mereka tidak akan kalah dengan anak-anak normal lainnya. 

Memang tidak gampang sebagai pendidik, karena dalam menghadapi mereka sangat membutuhkan kesabaran yang luar biasa untuk dapat mendekati dan mengajar anak-anak autis ini. 

Namun apabila anda sadari di balik kelemahan dan kekurangan mereka, sebenarnya mereka memiliki potensi dan kelebihan yang cemerlang dan mereka bisa melebihi anak-anak normal pada umumnya.

Berikan Pendidikan dengan Penuh Kasih Sayang

Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Melebihi Pelayanan dan Pengajaran kepada Anak normal
Jika anak-anak normal memerlukan pendidikan, 

terlebih lagi ABK (autis) sangat memerlukan pendidikan. 

Bahkan ABK sangat memerlukan pelayanan pendidikan yang ekstra, perhatian yang ekstra, dan kesabaran yang super sangat ekstra.

Memang sangat sulit namun itulah adanya mereka, dan mereka membutukan pengertian anda untuk menjadikan mereka seperti pribadi lainnya. 

Mereka juga berhak disayangi, dicintai, dan di perlakukan seperti manusia normal lainnya, dan mereka juga berhak memiliki kehidupan sendiri, 

menentukan pilihan, dan memiliki masa depan yang lebih baik.

Jika anda memiliki buah hati yang tergolong dalam ABK ini, janganlah mengeluh, menggerutu, atau menyesalinya, dan jangan pula anda membenci anak tersebut. 

Tetapi yang perlu anda lakukan adalah justru sebaliknya, kasihi, cintai dan sayangi anak tersebut, syukurilah bahwa anda masih di perkenankan Tuhan 

untuk mengalami hal tersebut, karena normal atau tidak normal anak tersebut itu adalah tetap anugrah dari Tuhan. 

Dan jika anda menginginkan anak anda itu mengalami kesuksesan itu tergantung anda sendiri.
Ada beberapa hal yang harus anda lakukan:

  • Jangan mengasihani, tapi kasihi, cintai dan sayangi dia dengan sepenuh hati.
  • Jangan membedakan, tapi dalam hak dan kewajiban samakan dia dengan yang lainnya.
  • Jangan di tekan, tapi bangkitkan semangat dan rasa percaya dirinya.
  • Berikan pendidikan, dan daftarkan di sekolah yang sesuai dengan kebutuhannya.
  • Jangan menjauhkan dari keramaian, tapi buatlah dia untuk bersosialisasi dengan lingkungan, teman dan sesamanya.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Berikan Pendidikan Khusus dan Kasih Sayang Khusus bagi Anak yang Berkebutuhan Khusus
Ditulis Oleh : Chris Medianto Purba
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Berikan Pendidikan Khusus dan Kasih Sayang Khusus bagi Anak yang Berkebutuhan Khusus ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

No comments:

Post a Comment